Jumat, 17 Februari 2012

Manuver politik irwandi

BANDA ACEH - Calon gubernur Aceh dari jalur independen, Irwandi Yusuf sudah membulatkan tekadnya bersama sejumlah tokoh untuk membentuk partai politik lokal (parlok) baru di Aceh. Partai yang terutama didukung mantan kombatan GAM itu bakal dideklarasikan sebelum Pilkada Aceh, 9 April 2012.

Pembentukan parlok tersebut, selain dimotori mantan kombatan GAM, juga melibatkan ulama, politisi, intelektual, pengusaha, dan aktivis. Gagasan untuk membentuk parpol baru itu kembali mengemuka dalam pertemuan mantan panglima GAM se-Aceh dengan Irwandi Yusuf yang di kalangan GAM dijuluki “Tgk Agam” di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Kamis (16/2).


“Ini sebetulnya bukan membentuk partai baru. Tapi merumuskan partai yang sudah lama kita rencanakan untuk menyatukan rakyat Aceh. Sebelum pilkada, partai ini sudah terbentuk. Selain melibatkan tiga T, yaitu Teungku, TNA, dan tauke, partai ini juga melibatkan perempuan,” kata Irwandi disambut tepuk tangan mantan kombatan GAM.

Menurut Irwandi, karena sudah lama dipersiapkan, maka ia optimis parlok itu bisa terbentuk sebelum Pilkada Aceh digelar pada April mendatang. “Hanya tinggal menentukan nama dan lambang partai saja, selanjutnya diverifikasi secara hukum,” ujar mantan gubernur Aceh itu.  Irwandi menyampaikan hal itu kepada pers untuk kedua kalinya dalam pertemuan resmi dengan “mantan GAM yang tersingkir dari Partai Aceh (PA)”, setelah sebelumnya hal serupa pernah diutarakannya dalam pertemuan dengan mantan GAM Aceh Besar di Aula Asrama Haji, Banda Aceh, empat hari lalu. Tapi ketika itu Irwandi tidak secara tegas menyebutkan parlok itu akan resmi dibentuk sebelum Pilkada 2012. 

Kemarin, seusai mendengar putusan pembentukan parlok baru tersebut, Sofyan Dawood selaku Ketua Tim Pemenangan Pasangan Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan sebagai cagub/cawagub Aceh menyebutkan 12 mantan panglima GAM se-Aceh yang sudah menghadiri pertemuan itu, mengikuti pertemuan lanjutan di Seuramoe Irwandi-Muhyan sekitar pukul 20.00 WIB malam tadi. Agendanya tentang pembentukan parpol baru itu.

“Sudah enam tahun lalu kita rumuskan parpol yang bisa memenuhi harapan rakyat Aceh. Ketika parpol yang dulu kita percayakan tak mampu memenuhi harapan itu, maka kita harus merumuskannya kembali. Insya Allah, pemilu legislatif 2014, sudah bisa kita ikuti,” kata Sofyan Dawood yang juga disambut tepuk tangan.

Selain itu, menurut Sofyan, dari hasil pertemuan bersama 12 mantan panglima GAM se-Aceh serta mantan GAM lainnya itu kemarin, mereka sepakat memperkuat konsolidasi untuk memenangkan pasangan Irwandi-Muhyan sebagai cagub/cawagub Aceh guna melanjutkan pembangunan di provinsi ini.

Acara yang awalnya tertutup itu dimulai sekitar pukul 11.30 dan berakhir kira-kira pukul 16.30 WIB. (sal)

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan anda berkomentar di bawah ini untuk kemajuan Bm2a Aceh Barat, Terima Kasih :