Jumat, 30 Maret 2012

Pilkada Damai Tercemari Oleh Oknum-Oknum yang tidak bertanggung jawab

Tiga Orang Masuk Rumah Sakit 
Pemilik Cabut Stiker dari Mobil

LHOKSEUMAWE - Puluhan tim sukses (timses) Irwandi Yusuf/Muhyan Yunan, cagub/cawagub Aceh dari jalur independen, dilempari batu, tanah liat, telur, dan buah-buahan oleh ratusan massa Partai Aceh (PA) ketika berpapasan di jalan kawasan Batuphat, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, saat sama-sama hendak menghadiri kampanye,  Kamis (29/3) sekitar pukul 14.00 WIB.

Aksi pelemparan dan penghadangan kembali terulang terhadap timses Irwandi/Muhyan sekitar pukul 19.00 WIB di kawasan Teupin Punti, Kecamatan Syamtalira Aron, Aceh Utara, ketika massa PA dan Irwandi berpapasan lagi saat pulang kampanye.

Akibat kejadian malam itu, tiga orang timses Irwandi/Muhyan terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit TNI AD di Lhokseumawe untuk mendapat perawatan medis karena kepala dan muka mereka kena lemparan batu. Para korban adalah Mukhlisuddin (33), warga Batuphat Timur, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, Rusli Ibrahim (34), warga Krueng Mane, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara. Korban lainnya adalah Syamsuddin (26), warga Desa Batuphat yang hingga pukul 21.30 WIB tadi malam, masih dirawat intensif di rumah sakit tersebut.

Lari kucar-kacir
Awalnya, pada siang hari, ratusan massa PA dengan konvoi mobil menuju kawasan Krueng Geukueh untuk menghadiri kampanye pasangan Muhammad Thaib dan M Jamil, cabup/cawabup Aceh Utara. Sedangkan massa Irwandi dari arah barat menuju kawasan Landing juga hendak menghadiri kampanye.

Massa Irwandi yang mayoritas kaum hawa dan duduk di mobil pikap sempat kucar-kacir ketika sampai ke kawasan Panggoi–Batuphat Timur, ketika massa PA melempari mereka dengan botol berisi air mineral, telur, dan buah-buahan. Bahkan karena takut dilempar, timses Irwandi terpaksa mencopot stiker di sejumlah mobil tim, supaya massa dari Partai Aceh tidak lagi melempar mereka.

Informasi lain yang diterima Serambi, pelemparan tahap dua kembali terjadi di kawasan Teupin Punti. Beruntung, ketika itu polisi langsung tiba di lokasi dan polisi kemudian melakukan pengawalan sepanjang jalan nasional di wilayah hukumnya.

Amatan Serambi, ratusan massa Irwandi berdiri di pinggir jalan nasional depan Hotel Lido Graha, Cunda, Lhokseumawe dikawal oleh sejumlah aparat Polres Lhokseumawe yang bersenjata lengkap, dipimpin Kasat Intel AKP Ade Adriansyah. Aparat Satlantas Polres Lhokseumawe juga mengawal pergerakan massa Irwandi. Soalnya, mereka tidak berani lagi melanjutkan konvoi kendaraan ke lokasi kampanye Irwandi di kawasan Landing, Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara.

Namun, setelah dikawal aparat Sat Intel Polres Lhokseumawe barulah massa dan timses Irwandi menuju lokasi kampanye. “Bagian lampu depan mobil timses kami hancur terkena lemparan batu,” kata Zulkarnaini, Ketua Timses Irwandi di Kecamatan Nisam kepada Serambi kemarin.

Menurut Zulkarnaini, massa PA melempar mereka dengan batu, tanah liat, telur, dan botol berisi air mineral. Bahkan Ilyas Husen mendadak menghentikan mobilnya, karena mangga yang dilemparkan massa PA mengenai matanya. “Supaya mereka tidak melempar lagi, terpaksa stiker di mobil kami copot sementara sampai mereka berlalu dari hadapan kami,” katanya.

Tak mungkin

Juru Bicara PA Wilayah Samudera Pasai, Nasrullah Dahlawy yang ditanyai Serambi mengenai kejadian itu mengatakan ia belum menerima laporan tentang adanya pelemparan yang dilakukan massa PA terhadap massa Irwandi/Muhyan. “Hal itu tidak mungkin dilakukan massa PA, karena massa PA juga sangat menghargai massa dari partai dan kandidat lain,” ujarnya.

Di sisi lain diakuinya, memang kemarin ada massa PA yang datang dari kawasan timur ke kawasan Krueng Geukueh untuk mendengar kampanye pasangan cabup/wacabup Aceh Utara. “Tapi saya belum mendapat informasi tentang adanya pelemparan itu,” kata Nasrullah.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan anda berkomentar di bawah ini untuk kemajuan Bm2a Aceh Barat, Terima Kasih :